Menteri Nasir Minta Peneliti Bikin Riset yang Berorientasi pada Publik

26 July 2017

SEMARANG : Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir meminta kalangan penelitian untuk mampu membuat hasil penelitian yang berorientasi pada kepentingan publik.

Penelitian tidak boleh lagi bertumpu pada kepentingan individu. Nasir mengatakan hal itu lantaran proses administrasi untuk para peneliti dipermudah. Mereka kini tidak lagi membuat laporan perjalanan dinas, akomodasi dalam proses penelitian.

"Saya sudah dapat peraturan menterinya. Jangan sampai nanti suruh membuat surat perjalanan dinas, akomodasi, semua itu sudah ditinggalkan," ujar Nasir di Semarang, Jumat (27/1/2017).

Nasir memastikan, pemerintah akan membiayai penelitian berdasar hasil yang dicapai. Dengan demikian, para peneliti tidak lagi berfikir soal administrasi, namun lebih pada kualitas hasil penelitian.

"Jadi, riset tidak berbasis aktivitas, akan tetapi berbasis output dan hasilnya. Berapa yang dibiayai, propotipe berapa, dan seterusnya," tambah Nasir.

Dengan kemudahan itu, Nasir berharap para peneliti bisa mengatakan hasil penelitian untuk kepentingan masyarakat. Penelitian tidak untuk kepentingan individu.

"Riset agar manfaat pada masyarakat, bukan individu. Maka, inovasi agar diarahkan untuk kepentingan masyarakat," tambahnya.

Versi cetak

Berita Terkait

Kalender Harian


« Sep 2017 »
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
1 2 3 4 5 6 7

Polling Pendapat


Layanan online manakah menurut anda yang perlu kami kembangkan ke depan?

 

Shoutbox


Statistik Website


Visitors :8112 Visitor
Hits :36382 hits
Month :175 Users
Today : 12 Users
Online : 1 Users

Tentang Kami

Komunitas Larispa Indonesia adalah komunitas peneliti, pendidik dan praktisi dalam bidang pendidikan di Indonesia.

Alamat
Jl. Sei Mencirim, Komp.Lalang Green Land-1, Blok C-18, Medan, Sumatera Utara
Phone: +061 800 26 116
Fax: +061 800 211 39
Email: info@komunitas-larispa.or.id